Sunday, September 19, 2010

Apapun Bisa Dipelajari






Banyak hal yang bisa kita pelajari. Terkadang kita tidak bisa, dan langsung mengambil kesimpulan bahwasanya kita tidak berbakat. Bukannya dia tidak berbakat, akan tetapi kurang sungguh-sungguhnya dalam belajar.

Biasanya kemampuan orang belajar, sangat dipengaruhi oleh masa lalu. Jika masa lalunya rajin belajar maka sekarang juga akan mudah dalam belajar. Jika masa lalunya jarang belajar maka sekarang ini pasti kemampuan belajarnya lemah. Ini berarti jika sekarang kita bermalas-malasan dalam belajar maka di masa mendatang kemampuan belajar kita menurun. Jika kita sekarang rajin belajar maka di masa mendatang kemampuan belajar kita meningkat.

Saya seringkali menjumpai siswa di SMA yang kesulitan belajar matematika. Sebenarnya ini adalah akibat masa lalunya yang kurang baik. Saya tidak mengatakan bahwa dia bodoh atau IQ nya rendah. Biasanya saya hanya menanyakan bagaimana cara belajar matematikanya di SMP. Rata-rata mereka di SMP memang jarang latihan soal matematika. Mungkin disebabkan dianya yang jarang mengerjakan PR atau mungkin juga gurunya yang jarang mengajar dan memberi PR. Akibatnya kemampuan matematikanya ketinggalan dibandingkan dengan siswa lain.

Dengan kemampuan matematika SMP nya yang lemah ini maka dia pasti kesulitan mempelajari matematika SMA. Yang lebih parahnya dia menjadikan ini sebagai identitas diri bahwasanya dirinya tidak berbakat mempelajari matematika.

Ada siswa yang cukup pandai dalam bidang matematika. Sebenarnya mungkin IQ dia biasa-biasa saja, Akan tetapi sejak SD dan SMP dia begitu rajin mempelajari matematika sehingga menguasainya. Dengan demikian ketika di SMA dia sangat mudah mempelajari matematika. Bahkan orang mengatakan dia sangat berbakat di bidang matematika. Jika anda ingin mengetahui salah satu rahasia menguasai matematika, silakan klik disini.

Ini semua bisa diterapkan pada bidang lain. Jika anda merasa tidak bisa terhadap sesuatu hal, jangan merasa tidak berbakat. Bisa jadi anda belum tahu bagaimana cara orang yang sudah sukses belajar. Karena itul sering-sering bertemulah dengan orang sukses dan tanyakan bagaimana caranya belajar. Problemnya banyak orang suskes yang lupa pada masa lalu yang telah dia kerjakan. Karena biasanya orang sukses fokus pada kerja sekarang, bagaimana supaya dia bisa kerja dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian banyak juga orang yang sukses ketika ditanya “bagaimana caranya?” maka dia hanya mengatakan ,”biasa-bisa saja”. Ketika jawabannya seperti itu jangan langsung percaya, tetapi galilah lebih dalam.

No comments:

Post a Comment