Sunday, September 12, 2010

Balas Budi







Ada sebuah kisah seorang kaya raya yang baik hati. Dia banyak membantu orang sering membutuhkan.Para tetangga, saudara dekat. Saudara jauh ataupun orang lain banyak yang terbantu atas kebaikannya.

Suatu hari orang kaya ini mendadak memperoleh kesulitan dalam hidupnya. Akhirnya tidak ada pilihan lain kecuali harus minta bantuan pada orang lain. Dia mencoba meminta bantuan kepada orang-orang yang pernah ditolongnya. Akan tetapi tidak satupun dari orang yang pernah ditolong, mau membantu dia. Orang ini menjadi sedih, karena tidak ada satupun orang mau menolongnya. Dia berfikir bahwa orang-orang yang pernah ditolongnya tidak mau berbalas budi.

Dengan kondisi ini akhirnya dia berusaha menemui orang bijak. Dia mengadukan masalahnya kepada orang bijak tadi. Si orang bijak berkata,”Ada 3 hal yang harus kamu perhatikan. Yang pertama, kamu salah dalam menilai orang. Kamu berfikir bahwa orang yang akan kamu tolong suatu saat akan menolongmu. Ketika kamu mengharapkan hal itu, dan dia tidak mau menolongmu, maka kamu akan menderita. Yang kedua, jika kamu menolong orang, ajarkan kepadanya balas budi, karena ketika orang sedang ditolong, dia sangat mudah menerima masukan dari kita. Yang ketiga, jika kamu menolong, berfikirlah menolong dengan ikhlas, jangan berfikir menolong untuk mendapatkan balas budi”.

No comments:

Post a Comment