Tuesday, September 14, 2010

Berkeliling Dunia






Ada pepatah yang mengatakan bahwa berkeliling dunia harus dimulai dengan satu langkah. Memang benar walaupun pada akhirnya anda naik pesawat terbang maka anda harus memulainya dengan jalan kaki terlebih dahulu, minimal berjalan kaki ketika anda menuju ke pesawat terbangnya.

Ada pertanyaan,”Bagaimana cara memakan gajah?” Mungkin pertanyaan terkesan aneh dan tidak masuk akal. Mana mungkin manusia bisa memakan gajah sebesar itu? Akan tetapi semuanya bisa jadi mungkin. Manusia tentunya bisa menyembelih gajah, kemudian memotongnya kecil-kecil. Dia bisa memakannya satu suap demi satu suap. Sisanya yang belum dimakan bisa diawetkan. Lama-kelamaan pastilah gajah itu akan habis. Walaupun gajahnya adalah gajah berukuran besar dan yang memakannya adalah orang yang kerdil, maka pastilah suatu saat akan habis.

Anda boleh punya cita-cita yang besar, bahkan cita-cita yang tidak masuk akal, akan tetapi cara menempuhnya harus masuk akal. Anda bisa memecahnya menjadi cita-cita yang kecil-kecil sedemikian hingga semuanya menjadi masuk akal untuk menempuhnya.

Seringkali dalam hal belajar siswa ingin memperoleh hasil yang instan. Dia melihat pelajaran yang begitu banyaknya sehingga ingin cepat-cepat bisa semuanya. Akan tetapi ingatlah bahawa setiap orang yang sukses selalu melalui proses yang panjang. Dia adalah orang yang sudah bertahun-tahun sangat rajin, sehingga ketika sekarang kelihatan mudah dalam belajar, itu semua memang merupakan buah dari kebiasaan di masa lampau.

Lihatlah air yang menetes mengenai batu. Jika air menetes tersebut terus menerus maka suatu saat batu tersebut akan berlubang. Walaupun air adalah benda cair yang terlihat lemah maka dia bisa melubangi batu yang keras sekalipun.

No comments:

Post a Comment