Saturday, September 25, 2010

Sudut Pandang





Ada istilah map tidak sama dengan territory. Bisa dikatakan peta tidak sama dengan daerah. Maksudnya di sini adalah map adalah sesuatu yang ada di fikiran kita, sementara territory adalah keadaan di luar diri kita. Apa yang ada di luar diri kita merupakan kebenaran, sementara apa yang ada di dalam fikiran kita hanyalah persepsi tentang kebenaran.

Persepsi tentang kebenaran ini selalu berbeda pada setiap orang. Antara satu orang dengan yang lain memiliki peta yang berbeda. Karena itulah setiap orang haruslah bisa memahami peta orang sekitarnya. Suami istri yang bertengkar disebabkan mereka memiliki peta yang berbeda. Mereka tidak mau melihat peta dari sudut pandang pasangannya.

Jika anda ingin menghindari pertengkaran dengan orang lain, pahamilah peta orang lain. Seorang perampok, memang perbuatannya salah. Akan tetapi tetap saja ada sisi dari kebenaran dari pandangan dia. Mungkin dia harus menghidupi anak dan istrinya.

Ada sebuah sekolah mengadakan piknik ke suatu tempat. Ada 2 orang yang naik bus yang sama, berangkat bersama, bahkan ketika menginap juga di tempat yang sama, selain itu mereka berdua selalu bersama-sama ketika piknik tadi. Ada yang aneh dari mereka, ketika mereka disuruh menceritakan piknik tadi, ternyata berbeda. Ini menunjukkan bahwa peta mereka berdua berbeda.

Untuk itulah anda jangan merasa selalu bisa. Selalulah open mind dengan ilmu orang lain. Karena bisa jadi dari sudut pandang orang lain semuanya akan jadi lebih mudah, masalah-masalah lebih mudah terselesaikan. Mungkin masalah yang kita miliki sebenarnya sudah ada penyelesaiannya yang mudah, akan tetapi karena kita tidak mau terbuka dengan orang lain maka ilmu tersebut tidak pernah kita miliki.

No comments:

Post a Comment