Friday, September 3, 2010

Briefing Hidup

Seorang pilot sebelum menerbangkan pesawatnya harus mendapatkan briefing. Kemana arah terbangnya, terbang pada ketinggian berapa, berapa kecepatannya dan sebagainya. Nah dalam hidup ini sebenarnya kita juga seperti pilot pesawat. Kita harus tahu sasaran, bagaimana cata-cara menjalankan hidup ini dan sebagainya.
Dalam hidup ini, jika kita ingin mendapatkan hasil yang tinggi maka perjuangannyapun juga harus tinggi. Jika kita mengharapkan hasil yang rendah maka perjuangannyapun harus rendah. Bisa dikatakan semakin sulit kita mendapatkannya maka buah yang kita peroleh alan semakin manis. Di sini berlaku High risk high return. Jadi terserah kita mau memilih yang tinggi atau yang rendah atau yang sedang sedang saja.

Dalam buku 7 habit, ditulis tebarkanlah sikap maka kita akan menuai tindakan, tebarkanlah tindakan maka kita akan menuai kebiasaan, tebarkanlah kebiasaan maka kita akan menuai karakter, tebarkanlah karakter maka kita akan menuai nasib. Jadi bisa dikatakan bahwa nasib kita adalah buah dari sikap kita.

Apa beda antara sikap dan perilaku ? Sikap adalah cara kita memandang segala sesuatu secara mental, sedangkan perilaku adalah buahnya. Jika sikap kita x maka perilaku kita juga x. Jika sikap kita y maka perilaku kita akan y. Jadi sikap dan perilaku selalu sejajar dan sebangun

No comments:

Post a Comment