Thursday, September 23, 2010

Perbandingan





Tidak ada kaya, tidak ada miskin, tidak ada besar, tidak ada kecil, tidak ada tua, tidak ada muda, tidak ada cantik, tidak ada jelek, tidak ada tampan, tidak ada panjang, tidak ada pendek, kecuali sudah dibandingkan dengan yang lain.

Seseorang yang memiliki penghasilan Rp 10 juta per bulan, kaya atau miskin? Tentu saja bisa dikatakan kaya jika dibandingkan orang yang memiliki penghasilan Rp 500 ribu per bulan. Tapi bisa jadi dia dikatakan miskin jika dibandingkan dengan orang yang memiliki penghasilan Rp 10 juta per hari. Bahkan dengan Rp 10 juta per bulan orang masih kesulitan jika harus memiliki mobil ferari. Pertama untuk membelinya juga tidak mampu, kedua biaya perawatannya bisa jadi Rp 10 juta per bulan. Ada juga orang tertentu, seandainya punya uang Rp 100 milyard maka orang ini akan merasa miskin dan kere. Kenapa? Karena orang ini adalah Donald Trumph, yang memiliki kekayaan Rp 60 trilliun.

Semuanya tergantung pada perbandingan. Untuk itu bersyukurlah terhadap apa saja yang anda miliki. Jika anda merasa miskin, sadarilah bahwa ada seseorang yang lebih miskin dari anda. Jika anda merasa berwajah jelek, syukurilah, ada orang di luar sana yang wajahnya lebih jelek dari anda, mungkin karena dia mengalami kecelakaan sampai wajahnya terbakar. Anda tidak usah merasa bodoh, karena di luar sana ada orang yang pasti lebih bodoh dari anda, buktinya sekarang anda bisa membaca. Di luar sana masih ada orang yang tidak bisa membaca.

Bolehkah kita membandingkan dengan yang lebih dari kita? Tentu saja boleh. Asalkan tujuannya supaya anda bersungguh-sungguh untuk mencontohnya. Anda boleh membandingkan dengan orang yang lebih pandai dari anda, supaya anda mau belajar kepada dia. Anda boleh membandingkan dengan orang yang lebih kaya dari anda supaya anda mau bersungguh-sungguh dalam berusaha mencari kekayaan. Yang terpenting jangan sampai anda membenci orang yang lebih sukses dari anda. Dekati dia, belajarlah dari dia supaya anda bisa seperti dia.

No comments:

Post a Comment