Sunday, September 5, 2010

Kelebihan Orang Lain

Kemauan Melihat Yang Terbaik Pada Orang Lain

Tidak ada manusia yang yang memiliki kehebatan mutlak. Tidak ada manusia yang memiliki kelemahan mutlak. Sehebat apapun manusia pasti punya kelemahan. Dan selemah apapun manusia pasti punya kelebihan.

Manusia seperti potongan puzzle. Setiap puzzle pasti ada yang menjorok ke dalam dan ada yang menonjol keluar. Begitu juga dengan manusia. Setiap manusia pasti punya kelebihan (menonjol keluar) dan kekurangan (menjorok ke dalam). Tonjolan dan lekukan yang ada pada puzzle memang untuk saling melengkapi. Dengan cara seperti ini potongan puzzle bisa tertata erat. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangan manusia, semua itu tujuannya adalah agar saling melengkapi.

Jadi setiap manusia itu unik. Dengan cara ini hargai setiap kelebihan yang ada pada manusia. Kapan anda terakhir mengucapkan terima kasih kepada pembantu anda di rumah atau Office Boy di kantor? Kapan anda mengucapkan terima kasih kepada tukang parkir yang telah memberi anda tempat parkir? Mulai sekarang berlatihlah untuk mengucapkan terima kasih pada setiap orang yang berhubungan dengan kita, karena sekecil apapun, mereka pasti punya kelebihan yang berguna buat kita.

Coba kita tengok lebih jauh, pembantu adalah orang yang sangat berbahaya jika kita menyakiti hatinya. Bisa saja dia membubuhkan racun pada minuman kita jika sakit hati. Karena itu waspadalah, bukan berarti kita harus selalu curiga pada pembantu, tapi hargailah profesinya.

Jika kita bisa menghargai kelebihan orang lain, maka kelebihan itu sangat mudah masuk ke dalam diri kita. Jika kita tidak menghargai maka kelebihan itu akan sulit masuk ke dalam diri kita. Mungkin anda pernah bercerita tentang sesuatu yang lucu kepada teman. Akan tetapi teman anda mengatakan,”Saya sudah tahu ceritanya”. Ketika teman anda mengatakan begitu maka kita akan malas bercerita. Begitu juga dengan anda, jika ada teman yang bercerita dan anda mengatakan,”Saya sudah tahu” maka teman kita akan malas bercerita. Padahal ketika kita mengatakan saya sudah tahu, teman kita tidak menilai kita hebat.

Seandainya anda mau mendengar ceritanya, dan seolah-oleh anda merasa baru tahu, bisa jadi teman anda akan memberikan cerita berikutnya yang anda belum tahu. Dengan demikian koleksi cerita lucu anda akan bertambah. Jadi, sikap mau mendengar menyebabkan kita jadi lebih mudah mendapatkan ilmu.

Jika anda ingin punya perusahaan besar, sudah pasti anda harus merekrut banyak karyawan. Nah, jika kita tidak pernah melihat kelebihan mereka maka akan sangat sulit kita memiliki karyawan, dan akibatnya kita tidak akan memiliki perusahaan besar. Dengan menghargai mereka, bisa jadi mereka akan bekerja lebih baik, dan akan memberikan kemampuan terbaiknya kepada kita di luar dugaan kita. Menghargai mereka, memberikan ucapan terima kasih merupakan sesuatu yang sangat murah, yang menyebabkan mereka jauh lebih loyal kepada kita.

No comments:

Post a Comment