Thursday, September 30, 2010

Prioritas Hidup





Setiap orang memiliki prioritas dalam hidupnya. Antara setiap orang dengan orang yang lain memiliki prioritas hidup yang berbeda-beda. Ada orang yang mengutamakan keluarga. Ada orang yang mengutamakan karir. Ada orang yang mengutamakan kesehatan. Ada orang yang mengutamakan uang. Secara umum jika ditanya mana yang lebih anda utamakan dibandingkan dengan agama? Ternyata mereka lebih mengutamakan agama.

Pada intinya anda bebas memilih apa yang anda utamakan. Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah dalam mengutamakan nilai-nilai hidup anda. Walaupun begitu, sebagian besar orang menghabiskan waktunya paling banyak untuk mencari uang, meskipun uang bukan prioritas nomor 1. Setiap hari mereka menghabiskan 8 jam untuk bekerja. Belum lagi mereka berangkat ke tempat kerja selama 2 jam dan pulang selama 2 jam. Jadi mereka menghabiskan waktunya selama 12 jam untuk hal-hal yang berhubungan dengan uang. Padahal katanya uang bukanlah prioritas pertama. Aneh bukan?

Saran saya walaupun uang bukanlah nomor satu, anda sebaiknya menyelesaikan persoalan uang terlebih dahulu. Sebisa mungkin bangunlah pasif income, sehingga pada akhirnya anda tidak banyak terlibat dalam pencarian uang, tetapi pada akhirnya uanglah yang bekerja untuk anda. Setelah pasif income anda lebih besar daripada gaya hidup anda, maka anda boleh mengutamakan apapun dalam hidup anda. Anda bisa mengutamakan keluarga, tanpa harus bekerja, karena pasif income anda sudah menutupi gaya hidup anda. Anda boleh 100% berada di masjid karena gaya hidup anda sudah terpenuhi oleh pasif income anda.

No comments:

Post a Comment