Thursday, September 16, 2010

Zona Nyaman





Ukuran kesuksesan tergantung pada seberapa jauh anda mau keluar dari zona nyaman anda. Apa itu zona nyaman? Zona nyaman adalah suatu kondisi di mana anda sudah merasa nyaman dalam kondisi itu, sehingga jika anda tidak berfikir panjang maka anda cenderung mempertahankannya.

Contohnya, ada karyawan yang gajinya sama dengan UMR. Sebenarnya kalau diamat-amati kelihatannya tidak nyaman. Akan tetapi dia merasakan bahawa bekerja di situ sudah cukup nyaman dibandingkan dengan keluar kerja. Padahal jika dia ingin sukses (memperoleh penghasilan besar) maka dia harus keluar dari perusahaan itu untuk mendirikan bisnis. Kenapa banyak karyawan yang melakukan hal ini? Karena ketika keluar kerja mereka takut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal banyak orang di luar sana ketika dia dia dipecat dari tempat kerja, dia kebingungan. Ditambah lagi orang ini melamar ke sana kemari tidak diterima karena memang tidak punya ijazah. Karena tidak diterima akhirnya dia berdagang. Lama kelamaan perdagangannya besar, bahkan melebihi gajinya ketika kerja di perusahaan. Lama kelamaan makin besar sehingga banyak merekrut karyawan, bahkan karyawannya ada yang sarjana. Nah begitulah, dia memasuki zona tidak nyaman terlebih dahulu karena terpaksa. Haruskah anda masuk zona tidak nyaman karena terpaksa, setelah itu baru sukses? Bukankah lebih baik anda memasukinya engan sukarela baru setelah itu sukses?

Mungkin kesuksesan anda sudah dekat. Akan tetapi kesuksesan itu berada di luar zona nyaman anda. Dengan demikian anda dibutakan sehingga anda tidak memperoleh kesuksesan anda. Saya tidak selalu mengatakan bahwa sukses itu selalu kaya. Anda tentunya punya keinginan sukses tersendiri. Silakan anda cari, kalau tidak ketemu, mungkin kesuksesan anda berada di luar zona nyaman anda.

No comments:

Post a Comment