Tuesday, September 21, 2010

Bakat Dan Kemauan






Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda, tergantung DNA nya masing-masing. Saya percaya terhadap sesuatu yang namanya bakat. Orang yang berbakat sangat mudah untuk berprestasi. Orang yang berbakat olah raga tentunya lebih mudah untuk meraih prestasi di bidang olah raga. Orang yang berbakat di bidang seni tentunya lebih mudah meraih prestasi di bidang seni. Orang yang berbakat di bidang matematika, tentunya sangat mudah untuk memperoleh prestasi di matematika.

Mungkin ada orang yang mempelajari sesuatu hal, membutuhkan waktu 2 tahun. Akan tetapi orang yang berbakat bisa mempelajarinya selama 2 minggu saja. Bahkan bisa kurang dari itu. Sungguh sangat mengerikan jika kita bersaing dengan orang yang berbakat.

Masalahnya adakah yang bisa mengalahkan bakat? Ternyata ada, yaitu kemauan. Kemauan yang kuat justru bisa mengalahkan bakat. Walaupun tidak berbakat jika seseorang mau berusaha, habis-habisan, memanfaatkan segala macam cara, maka orang itu akan berhasil. Semuanya akan bisa terkalahkan.

Yang jadi masalah, bagaimana caranya jika ada perbandingan bahwa orang yang tidak berbakat mungkin akan mempelajari selama 2 tahun, sementara orang berbakat bisa mempelajari selama 2 minggu? Sebenarnya ini hanyalah perbandingan jika orang yang berbakat tadi memiliki kemauan yang keras. Mungkin semuanya akan selesai dalam 2 minggu atau kurang. Mungkin orang yang berbakat tersebut akan belajar setiap hari 8 jam selama 2 minggu. Tentu saja dia telah mempelajari selama 112 jam. Sementara jarang sekali orang belajar 8 jam setiap hari selama 2 tahun berturut-turut. Paling dia hanya mempelajari setiap hari selam 1 jam. Itupun ada beberapa waktu dia libur. Anggap jika dia banyak libur, mungkin dia hanya belajar selama 300 hari dalam setahun. Maka karena dia mempelajari selama 2 tahun dia membutuhkan waktu 600 jam.

Jika orang yang tidak berbakat tadi punya kemauan kuat mungkin tiap hari dia akan belajar selama 12 jam. Jadi 600 jam yang ditempuhnya akan diselesaikan dalam 50 hari. Sementara orang yang berbakat tadi jika tidak memiliki kemauan kuat dia hanya belajar setiap hari 1 jam, sehingga untuk mencapai 112 jam, dia harus menyelesaiakan dalam 112 hari. Dari sini jelas, bakat bisa dikalahkan oleh kemauan.

Saya pernah melihat orang memiliki kemauan yang sangat kuat dalam internet marketing. Setiap hari dia belajar selama 20 jam selama 3 bulan berturut-turut. Jadi selama 3 bulan dia telah belajar selama 1800 jam. Setelah 2 tahun, orang ini memiliki penghasilan dari internet sebesar Rp 10 juta per hari. Sungguh dahsyat kemauan ini.

Seandainya cara ini diterapkan untuk menempuh yang 600 jam tadi, tentunya hanya membutuhkan waktu 20 hari saja. Jika dikerjakan oleh orang yang berbakat mungkin membutuhkan waktu 112 jam, sehingga jika setiap hari dia belajar 20 jam maka semuanya bisa diselesaikan kurang dari 6 hari. Jadi, idealnya anda punya bakat dan kemauan.

No comments:

Post a Comment