Friday, September 24, 2010

Jujur





Salah satu sifat jujur yang terkenal adalah yang pernah dimiliki oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani. Ketika masih kecil beliau disuruh oleh ibunya untuk menuntut ilmu. Ketika itu ibunya berpesan bahwa dia harus jujur.

Ketika dalam perjalanan menuntut ilmu, mereka dicegat oleh perampok. Perampok itu menodong Syekh Abdul Qadir yang masih kecil. Si perampok bertanya dengan kasar,”Apa yang kamu bawa?” . Abdul Qadir yang masih kecil menjawab,”Saya membawa uang sekian dinar di balik bajuku.” Mendengar apa yang diucapkan Abdul Qadir yang masih polo situ, perampoknya malah bengong.

Perampok kemudian bertanya,”Nak, selama ini kalau saya merampok orang, tidak ada yang mengaku satupun apa yang dia bawa. Kenapa kamu malah mengaku. Abdul Qadir menjawab,”Ibuku menyuruh saya berbuat jujur”. Mendengar jawaban polos dari anak kecil itu perampok bertanya,”kamu mau kemana?” Abdul Qadir menjawab ,”Saya hendak menuntut ilmu”. Setelah itu perampok melepaskan Abdul Qadir, karena merasa kagum dengan jawabannya.

Setelah sekian tahun berlalu, Abdul Qadir telah memiliki banyak ilmu. Beliau dikenal dengan sebutan Syekh Abdul Qadir Jaelani, kerena memiliki banyak murid. Salah satu muridnya adalah perampok yang pernah menodongnya.

No comments:

Post a Comment