Thursday, August 5, 2010

Anchor Yang Berbahaya

Anchor atau sering disebut Cantolan atau jangkar terkadang sangat bermanfaat, akan tetapi terkadang juga sangat berbahaya. Nah, di sini akan saya bahas Anchor yang berbahaya.

Mungkin anda termasuk orang yang pernah berpacaran. Ketika anda memiliki kenangan yang romantis sambil mendengarkan sebuah lagu, bisa jadi lagu tadi akan manjadi Anchor buat anda. Jika suatu saat anda putus dengan pacar anda, bisa jadi ketika mendengar lagu tadi anda langsung teringat dengan pacar anda. Walaupun mungkin anda sudah punya anak 5 pun, maka anda akan tetap teringat sama pacar anda jika mendengarkan lagu tadi. Mungkin anda langsung sedih ketika mendengarkan lagu tadi.

Orang yang suka merokok, biasanya punya Anchor tersendiri. Misalnya ketika dia selesai makan selalu merokok. Jika hal ini berlangsung terus-menerus maka orang tadi akan punya anchor bahwa begitu selesai makan maka dia harus merokok. Akibatnya jika tidak merokok begitu selesai makan, maka dia menjadi pusing. Itulah sebabnya kenapa jika orang terbiasa merokok sangat sulit dihentikan. Ada orang yang merokok ketika bersama-sama temanya. Ada orang yang merokok karena dulunya dibilang banci jika tidak merokok. Akibatnya merokok bagi dia terkait dengan kejantanan.

Banyak juga penyakit yang terkait dengan Anchor tadi. Ada orang yang setiap hari terkencing-kencing sampai 50 kali. Mungkin di masa lalu orang ini punya trauma, misalnya karena pernah dimarah-marahi ayahnya, dengan marah yang sangat berlebihan. Akibatnya, jika dia mendengar orang yang marah, atau melihat orang yang mirip dengan ayahnya, atau mencium bau yang mirip ayahnya, maka dia langsung kepengin pipis.

Bahkan orang yang gila, punaya Anchor tersendiri. Saya sendiri pernah melihat seorang mahasiswa yang punya banyak masalah, karena tidak mampu menyelesaikan masalahnya akhirnya dia gila. Kebetulan mahasiswa ini satu asrama dengan saya. Akhirnya dia memang dibawa ke rumah sakit jiwa. Ketika sudah sembuh, dia dicarikan tempat kost. Sampai di situ tidak ada masalah, sampai akhirnya dia lulus kuliah. Akan tetapi, ketika dia bermain ke asrama saya, ternyata gilanya kumat lagi. Wooow … berarti masih ada cantolan-cantolan yang terkait dengan tempatnya di asrama.

Ada seorang wanita, yang pernah ditipu oleh seorang lelaki yang tampan. Karena kejadiannya begitu tragis, maka setiap bertemu lelaki yang tampan dia langsung berfikir ,”Mau nipu dia”. Akibatnya walaupun banyak lelaki tampan yang suka sama dia, wanita tadi lebih memilih pasangan hidup yang wajahnya biasa saja.

Ketika ada awan mendung ada orang yang langsung merasa sedih. Hal ini dikarenakan dulu ayahnya meninggal ketika ada awan mendung. Ada juga orang yang marah begitu mendengar teriakan orang yang sedang nonton bola. Hal ini dikarenakan ibunya meninggal di rumah sakit pada saat ada tendangan bola yang masuk, dan banyak orang yang berteriak gooooooooool.

Apakah anda mau memiliki pasangan hidup yang kaya? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab mau. Akan tetapi ternyata ada yang menjawab tidak mau. Ternyata orang ini sering nonton sinetron, dan di sinetron itu dicerikan tentang orang kaya yang jahat. Karena itulah dalam fikirannya, kaya sama dengan jahat.

Nah, begitu banyaknya variasi dari kasus ini. Apakah ini bisa disembuhkan? Tentu saja bisa. Ada metoda yang sering disebut dengan merusak pola. Dengan metoda ini Anchor-anchor tadi bisa dibuat jadi collapse atau hancur, sehingga orang tadi bisa sembuh. Apakah sembuhnya bisa total dan tidak kumat lagi? Ya, bisa jadi. Asalkan waktu penyembuhannya cukup intens.

No comments:

Post a Comment