Tuesday, August 17, 2010

Komunikasi Ke Otak 2

Pada bagian sebelumnya sudah kita pelajari 3 jenis komunikasi ke otak (penglihatan, pendengaran dan perasaan) . Dengan mengetahui ini maka kita akan lebih mudah dalam menghadapi orang. Bagaimana cara berkomunikasi kepada mereka agar lebih mudah dipahami. Dengan cara seperti ini akan mengurangi jumlah pertengkaran dengan teman kita, pasangan hidup kita, ataupun anggota keluarga kita yang lain.

Saya pernah mempelajari cara komunikasi ke otak ini dari CD Sales Magic, dari Tung Desem Waringin. Pada kasus itu Pak Tung menceritakan komunikasi antara ayah dan ibunya. Ayahnya memang tipe penglihatan, sementara ibunya tipe perasaan. Walaupun tipe perasaan pakaian ibunya selalu rapi. Hal ini karena selama bertahun-tahun ayahnya yang selalu memperingatkan, jika keluar rumah pakaiannya tidak rapi, ayahnya selalu memperingatkan “ganti”. Dengan adanya peringatan yang terus-menerus ini maka ibunya menjadi terbiasa dengan pakaian yang rapi.

Ketika Pak Tung sudah sering keluar negeri, suatu hari beliau diingatkan oleh ibunya ,”Kalau kamu ke luar negeri, jangan seperti papamu, sering beli mahal-mahal tapi cuma ditaruh saja.” Bahasa ibunya memang bahasa perasaan, “Beli mahal-mahal tapi cuma ditaruh saja.” Pak Tung akhirnya berbicara ,”Ibu lupa ya, kan tipe ayah berbeda dengan ibu. Terus jawaban papa apa bu.” Ibunya berkata ,”Papamu mbanyol aja : ya iya, beli mahal-mahal memang buat ditaruh, masa buat disayang-sayang”. Nah perhatikan, karena perbedaan ini maka seringkali terjadi pertengkaran, kecuali jika anda sudah saling memahami dan memaklumi.

Jika anda ingi memuaskan banyak orang, anda harus memenuhi 3 unsur di atas. Seperti seminarnya Tung Desem Waringin, unsur penglihatan, perasaan dan pendengaran semuanya dipuaskan. Dari sisi penglihatan, adanya layar yang memperlihatkan video, power point, serta tingkah pembicara sendiri yang cukup unik. Dari sisi pendengaran, sound sistem yang bagus, suara pembicara yang jelas dan penuh humor. Dari sisi perasaan, semua peserta diusahakan supaya terlibat. Dengan cara ini maka seminar Pak Tung begitu disukai. Film yang memenuhi ketiga unsur tasi, cenderung dikenang orang kini dan sepanjang masa. Misalnya Titanic. Dari sisi penglihatan, “pemandangan bagus, bintang filmnya ganteng dan cantik. Dari sisi perasaan, ceritanya sangat menghanyutkan perasaan. Dari sisi pendengaran, lagu “My heart will go on” dengan artis yang terkenal Cellindion.

No comments:

Post a Comment