Wednesday, August 4, 2010

Komunikasi Yang tidak Nyambung

Jika anda ingin menonton RCTI, tetapi channel yang anda buka adalah globaltv, maka otomatis anda tidak akan mendapatkan acara yang tidak anda inginkan. Kenapa? Karena channelnya tidak cocok. Anda tidak akan menemukan acara yang anda inginkan dengan cara seperti ini.

Begitu juga dengan manusia. Manusia tidak akan bisa berkomunikasi dengan benar jika tidak mengetahui cara yang tepat berkomunikasi dengan orang lain.
Sistem komunikasi ke otak terbagi atas 3 macam,
1. Penglihatan (visual)
2. Pendengaran (auditorial)
3. Perasaan (kinestetik)

Misalkan ada sepasang suami istri, si istri adalah tipe pendengaran, sedangkan suami bukan. Terkadang sang suami tidak mengerti bahwa istrinya butuh pendekatan dari sisi pendengaran. Seorang yang tipe pendengaran akan lebih suka dirayu dengan kata-kata. Suatu hari sang istri berkata, “Papa ini sudah ga sayang sama aku.” Sang suami berkata ,”Lho sudah ga sayang gimana to”. Si istri menjawab, “Mbok sekali-kali mengucapkan I love you”. Si suami agak kaget , “Lo, masa iya saya ga pernah mengucapkan yang itu.” Kondisi si suami memang aneh, untuk mengucapkan kata “I love you” saja tidak bisa. Karena dia memang bukan tipe pendengaran, sehingga mengucapkan kata yang romantis terasa tidak nyaman. Terus si suami melanjutkan, “Kapan saya terakhir mengucapkan yang itu.” Si istri menjawab ,”Ya 25 tahun yang lalu.””Ha, 25 tahun yang lalu, kapan itu?” Kata istri ,”Waktu kita menikah dulu”. Suami berkata, ”Oh, itu tandanya papa ini adalah orang yang bisa dipercaya, sekali mengucapkan tidak perlu diulangi lagi.”Si Istri berkata,”Nyebelin, bilang I Love You gitu saja kenapa sih, apa susahnya. Papa bilang I Love You gitu saja, saya ini sudah senang.” Akhirnya Sang suami mengatakan dengan nada agak kasar dan cepat,”Ya sudah, I love You I Love You.”

Ada seorang wanita yang tipe perasaan, tapi suaminya tipe pendengaran. Orang yang tipe perasaan, biasanya lebih suka disentuh-sentuh. Misalkan ini kejadian aetelah 10 tahun setelah menikah. Suatu hari ketika sang suami baru pulang kantor, dia berkata kepada istrinya ,”Halo sayangku, hari ini kamu tampak cantik lo.” Sang istri yang tipenya perasaan berkata ,”Ah papa ini, sukanya hanya OOT.” “Apa itu?” kata suaminya . Si istri menjawab ,”Omong-omong tok. “ kemudian si istri berkata ,”NATO”. Suaminya tambah bingung dan berkata ,”Lho apa lagi itu.” Si istri menjawab ,”No Action Talk Only.” Kemudian si istri melanjutkan,” papa ini udah ga sayang sama aku, mbok sekali-kali menyentuh aku.”Kemudian si suami berkata,”Oh pria lain. Masa datang-datang langsung mencolek”. Padahal bukan karena sifat prianya, akan tetapi karena sifat tipe pendengarannya.

Nah, begitu pentingnya anda menyadari tipe komunikasi ke otak dari pasangan anda. Karena seringkali terjadi pertengkaran hanya karena anda tidak menyadari kondisi pasangan anda. Ini juga sangat berguna untuk kasus lain, tidak hanya masalah suami istri.

No comments:

Post a Comment