Sunday, August 8, 2010

Variasi Atau Ketidakpastian

Manusia terkadang bosan dengan hal-hal yang pasti. Mereka membutuhkan ketidakpastian atau variasi. Orang yang selingkuh terkadang sebenarnya membutuhkan yang namanya variasi. Untuk itulah buatlah suatu variasi dengan pasangan anda untuk mencegah mereka selingkuh.

Orang yang menyukai badminton, pasti mengataklan bahwa badminton itu banyak variasinya. Akan tetapi orang yang tidak suka badminton, mereka akan mengatakan bahwa badminton itu hanya monoton saja. Tidak ada variasinya.

Jika anda jenuh terhadap sesuatu hal, mungkin anda sedang membutuhkan variasi. Anda membutuhkan yang namanya refreshing, atau rekreasi. Orang-orang kota mengatakan bahawa di desa itu nyaman, udara segar pemandangan menarik dan sebagainya. Sebaliknya orang desa pun mengatakan hal yang sama. Di kota itu sangat menarik, banyak hiburannya. Berbeda dengan di desa, yang terlihat hanya sawah saja. Sebenarnya baik orang desa maupun orang kota mereka sama-sama membutuhkan yang namanya variasi.

Ada pepatah mengatakan, “rumput tetangga selalu terkesan lebih hijau”. Melihat mobil tetangga serasa lebih indah, melihat rumah tetangga serasa lebih indah, yang lebih parah melihat istri tetangga terasa lebih cantik. Hati-hati, banyak hal yang sifatnya variasi yang harus anda jauhi. Tetapi ada yang bisa anda turuti.

Jika anda seorang pengajar atau pembicara, supaya lebih menarik tentunya anda harus pandai membuat variasi. Anda harus menyeimbangkan antara bercerita tentang hal yang lucu, hal yang menginspirasi, atau hal yang lain. Anda tinggal menyesuaikan dengan yang anda bawa. Jika anda terlau serius bisanya akan membuat audiens mengantuk. Jika anda terlalu banyak humor juga tidak menarik, karena anda lebih terkesan sebagai pelawak, bukan pembicara, sehingga materi yang disampaikan malah kurang tertangkap oleh peserta.

Jika anda pelawak maka lawakan andapun butuh yang namanya variasi. Jika lawakan anda mudah ditebak biasanya penonton mulai tidak tertarik. Begitu juga dengan pesulap. Jika sulap yang dipertontonkan mudah ditebak maka biasanya penonton cepat bosan. Begitu juga dengan rute perjalanan anda, baik pergi maupun pulang. Jika setiap hari anda melewati jalan tertentu, maka anda akan bosan. Anda terkadang pengin mencoba jalan yang lain.

Jika orang mulai melakukan pendekatan (pedekate) kepada lawan jenisnya, dan dia monoton dalam mendekatinya, maka terkadang dia malah cenderung gagal. Karena itulah perlu ada variasi yang sering disebut tarik ulur. Jika seorang cowok, cara menelpon cewek ang didekatinya terlalu periodik, maka biasanya si cewek akan bosan, karena hal ini berarti mudah ditebak.

Sekarang perhatikan kalimat puisi ini

Satu pohon bisa jadi hutan
Satu senyuman bisa jadi perhatian
Satu sentuhan bisa jadi tak terlupakan
Satu orang seperti dirimu bisa jadi rebutan
…. tapi di hutan

Orang biasanya akan menyukai ini, karena ada variasinya. Semula menyanjung, tapi setelah itu mencela.
Begitu juga jika ada seorang cowok yang memuji cewek dengan perkataan, “Wah kamu cantik banget”. Mungkin si cewek merasa tersanjung, tapi setelah itu dilanjutkan, “Kakek saya pasti naksir kamu.”Maka seketika si cewek akan kaget. Entah dia jadi marah (pura-pura marah) atau dia malah tertawa. Tentu saja ini harus disesuaikan, tidak bisa diberikan kepada orang yang sedang berduka cita.

Misalkan ada 2 orang yang kembar atau mirip. Anda langsung mengatakan ,”Wah bagaikan pinang dibelah 2”. Setelah itu anda lanjutkan “Tapi yang sebelahnya busuk.”
Silakan anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda agar banyak orang yang menyukai anda. Akan tetapi jika sudah pandai dalam bervariasi anda juga perlu membatasi, jangan bervariasi terus, sehingga anda malah dikatakan tidak punya variasi lagi. Selamat mencoba.

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    ReplyDelete