Thursday, July 22, 2010

Membangkitkan Semangat Dengan Anchor atau Cantolan

Manusia pada dasarnya memiliki cantolan-cantolan atau yang disebut anchor. Cantolan ini bisa berefek positif, bisa juga negatif. Misalnya jika diputar lagu tertentu maka tiba-tiba kita bisa langsung ingat seseorang. Efek yang ditimbulkan bisa sedih bisa juga gembira.

Kondisi ini pernah diteliti oleh seorang ilmuwan namanya Pavlov. Ketika dia membuka sebuah pintu mendadak melihat seekor anjing yang mengeluarkan air liurnya. Wooow, dia heran, padahal dia tidak membawa makanan atau sesuatu yang disukai anjing. Akhirnya Pavlov mengadakan penelitian. Ketika itu dia memberi makan anjing dan setiap member makan dia membunyikan suara teng-teng. Setiap kali member makan dibunyikan suara teng-teng. Begitu berkali-kali. Sampai suatu ketika anjing tidak diberi makan, tapi hanya dibunyikan suara teng-teng. Apa yang terjadi? Ternyata anjingnya mengeluarkan air liur. Wooow sungguh berbahaya kalau begitu?

Ada suatu cerita, sebut saja ada orang namanya Bejo. Pada suatu hari ayah Bejo meninggal dunia. Ketika itulah Bejo sangat sedih. Orang-orang yang melayat semuanyan mengucapkan turut berduka cita kepada Bejo, sampil menyalami dan menepuk pundaknya. Semua orang pada menepuk pundaknya.

Tahun demi tahun berlalu, suatu hari Bejo menikahkan anaknya. Tentu saja dia sangat gembira. Pada saat itu ada tamu yang datang dan menyalami Bejo, sambil mengucapkan selamat dia menepuk pundaknya Bejo. Mendadak tiba-tiba Bejo sedih. Dia langsung teringat ayahnya. Itulah yang disebut Cantolan. Wooow ngeri juga kan?

Saya punya seorang teman. Kalau ngajak saya makan biasanya ngajak makan stick. Padahal dia tidak suka-suka banget sama stick. Akan tetapi dia begitu senang makan stick karena dia dulu mengungkapkan cintanya kepada calon istrinya ketika makan stick.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari ilmu ini, coba buatlah cantolan ketika anda gembira atau semangat. Ketika anda benar-benar bersemangat maka bikinlah sesuatu entah itu berupa gerakan atau memutar lagu tertentu. Suatu hari jika anda sedang loyo, cobalah buat gerakan tadi, atau putar lagu tadi, anda pasti langsung bangkit semangatnya.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment