Friday, July 30, 2010

Komunikasi Ke Otak

Sistem komunikasi ke otak pada ,manusia ada 3 macam

1. Visual atau penglihatan

2. Auditorial atau pendengaran

3. Kinestetik, meliputi gerak dan rasa

Orang yang tipenya penglihatan, biasanya memiliki ciri-ciri warna bajunya kelihatan bagus, dandanannya rapi, di kamarnya penuh dengan hiasan, kalau memilih mobil sangat memperhatikan warnaanya dan lain-lain. Bahasa yang dia pakai biasanya akan mengarah kepada mata. Misalnya, kelihatannya, tampaknya dan lain-lain. Biasanya cara berbicaranya cepat. Jika memberikan perintah, deskripsi pekerjaannya tidak jelas.

Orang yang memiliki tipe pendengaran, dia akan lebih mementingkan hal-hal yang berkaitan dengan telinga. Dia sering bernyanyi-nyanyi. Nada bicaranya naik turun dan lambat. Jika mobilnya mengalami kerusakan AC dan sound sistemnya, maka dia lebih mementingkan untuk memperbaiki sound sistemnya dulu. Kalau orang ini memberikan perintah, dia akan menjelaskan dengan detail. Kalau berbicara biasanya akan menggunakan bahasa yang mengarah pada telinga, misalnya kedengarannya. Terkadang orang ini mengatakan, “saya dengar di koran …” padahal Koran tidak pernah mengeluarkan suara.

Orang yang memiliki tipe kinestetik, biasanya akan sangat mementingkan rasa. Kalau dia memilih baju biasanya tidak rapi, bagi dia yang penting terasa nyaman. Jika mobilnya mengalami kerusakan AC dan sound sistemnya, maka dia lebih mementingkan untuk memperbaiki AC nya. Di kamarnya biasanya kelihatan polos, tidak ada hiasan di sana-sini.

Makanya jika seseorang naksir lawan jenisnya dan dia tidak diterima, bisa jadi jurus yang dia pakai salah. Karena lawan jenisnya tipe penglihatan, sementara dia tipe perasaan maka komunikasinya kurang nyambung. Dia jarang berpakaina rapi, sehingga lawan jenisnya tidak tertarik.

Dalam hal belajar, orang yang tipenya penglihatan lebih suka melihat, jadi guru yang mengajar sebaiknya tidak banyak bicara, tetapi sambil berbicara langsung membuat tulisan di papan tulis. Bisa juga pengajaran gurunya menggunakan tampilan power point.Untuk tipe pendengaran, biasanya lebih suka belajar dengan mendengarkan, sedangkan tipe perasaan lebih suka sambil melakukan.

No comments:

Post a Comment