Thursday, July 29, 2010

Tujuh Area Kehidupan

Kita semua memiliki 7 area dalam kehidupan kita. Empat di antaranya ada di dalam diri kita, dan tiga diantaranya ada di luar diri kita. Yang ada di dalam diri kita itu adalah fisik, emosi, spiritual, dan intelektual. Sedangkan yang di luar diri kita andalah kelarga, karir dan sosial.


Fisik, apakah anda sudah memiliki fisik yang ideal? Apakah anda sudah rajin berolahraga supaya fisik anda selalu sehat? Timbanglah berat badan anda seminggu sekali, untuk mengatahui apakah ideal atau tidak. Jika tidak apa yang harus anda lakukan?


Emosi, apakhah emosi anda bisa terkontrol? Ingat, emosi adalah sesuatu yang bisa kita kontrol, asalkan kita mau dan tahu caranya. Emosi manusia bisa diubah dengan mengendalikan geraknya. Misalkan jika anda takut, maka dengan memperbanyak gerak, misalnya dengan melompat-lompat maka rasa takut anda akan hilang.


Ok, disini saya tidak membahas semuanya. Akan tetapi sudahkah 7 area tersebut seimbang? Untuk mengetahui keseimbangannya, maka anda harus memberikan skor masing-masing. Skor dari 0 sampai 10. Setelah itu anda gambar pada sebuah lingkaran. Jika nol di pusat lingkaran dan 10 di bagian luar lingkaran. Jika berbentuk lingkatran yang bagus maka berarti seimbang. Roda akan bisa berputar dengan normal. Misalnya kita memiliki skor sebagai berikut, Fisik = 8, Emosi = 6, Spiritual = 2, Intelektual = 9, Karir = 6, Sosial= 4, dan Keluarga = 8.

Maka jika digambar adalah sebagai berikut


Dari gambar tersebut tampak tidak berbentuk gambar yang sempurna, terutama karena spiritual hanya memiliki skor 2. Jika berbentuk seperti di atas, maka putaran roda tidak akan normal.

No comments:

Post a Comment