Tuesday, July 20, 2010

Pengaruh Gerak Untuk Mengusir Rasa Takut

Seringkali kita merasa tidak bisa menguasai emosi, padahal emosi sangatlah mudah untuk dikuasai. Misalkan ketika kita takut, maka dengan memperbanyak bergerak kita tidak takut lagi. Seringkali ada training yang sifatnya mengubah ketakutan menjadi keberanian. Training seperti ini biasanya dibarengi dengan adanya firewalk (berjalan di atas api).

Tujuan Firewalk ini bukan unjuk kesaktian, karena semua dilakukan secara ilmiah. Kenapa orang tidak terbakar ketika berjalan di api? Alasannya adalah
1. Kayu yang dibakar sudah dipilih jenis tertentu
2. Bahan bakar yang dipakai minyak tanah, bukan bensin
3. Api berwarna merah, bukan biru, karena yang biru panjang gelombangnya pendek sehingga energinya lebih besar atau lebih panas
4. Darah manusia bisa menjadi radiator
5. Bagian yang terkena bara hanyalah telapak kaki

Setiap orang ketika melihat api yang menyala dan disuruh melewati pastilah ketakutan, jadi pelajaran terpenting adalah bagaimana mengubah ketakutannya menjadi keberanian. Salah satunya dengan memperbanyak gerak (biasanya disuruh lompat-lompat) . Dengan gerak ini maka darah akan mengalir dengan lancar, sekalian menjadi radiator.

Sebuah kisah nyata, dari teman saya. Dia memiliki seorang anak kecil. Pada suatu malam anak ini minta diantarin ke toilet untuk buang air kecil. Karena toiletnya terpisah dari rumah maka anak kecil ini tidak berani sendirian. Akan tetapi ketika anak kceil ini minta diantarin, ayahnya malah mengajaknya lompat-lompat bareng sambil bergembira. Setelah agak lama maka anak kecil ini disuruh ke toilet, ternyata dia berani walaupun tidak diantarain, ajaib bukan?

Biasanya orang yang ketakutan, misalnya takut tampil di depan umum atau di panggung, nafasnya cenderung pendek-pendek. Dengan nafas yang pendek ini maka suplai oksigen ke tubuhnya jadi berkurang. Sehingga tangannya menjadi dingin, oksigen ke otaknya jua berkurang sehingga ketika tampil kata-kata yang mau diucapkan juga lupa.

Padahal supaya suplai oksigen ke otaknya dan ke bagian tubuh yang lain lebih banyak adalah dengan menarik nafas panjang, atau bahkan dengan memperbanyak gerak. Nah sekarang jika anda sudah tahu caranya, maukan anda melakukannya?

Permasalahannya adalah jika anda sudah berada di lingkungan orang banyak, kalau mau lompat-lompat mungkin anda malu? Nanti dianggap sebagai orang gila? Nah jika untuk itu carilah tempat yang tersembunyi, misalnya di toilet. Pastikan juga toilet tersebut kering, karena jika basah bisa jadi anda terpeleset.

No comments:

Post a Comment