Saturday, October 9, 2010

Kesalahan Besar




Manusia tidak pernah terlepas dari kesalahan. Setiap hari manusia pasti melakukan kesalahan. Apakah ini merupakan penyakit keturunan? Tentu saja iya. Karena semua keturunan nabi Adam mengalami hal yang sama. Hanya saja yang paling penting adalah bagaimana tindakan kita setelah melakukan kesalahan.

Mungkin anda seorang pelajar yang memiliki semangat belajar. Anda merencanakan belajar setiap hari misalnya 3 jam. Akan tetapi ketika dipraktekkan seringkali belajarnya hanya 10 menit setiap hari. Anda tentu merasa salah ketika melihat nilai ulangan anda tidak bagus. Mungkin anda berfikir, bahwa saya melakukan kesalahan, yaitu kurang belajar, sehingga nilai di sekolah menjadi jelek. Rasa bersalah ini sangat wajar jika ada pada diri anda. Yang terpenting adalah anda tetap mau berusaha untuk belajar memperbaiki kualitas dan kuantitas belajar anda. Anda boleh merasa bersalah, akan tetapi jangan sampai rasa bersalah ini justru membuat anda menjadi tidak bersungguh-sungguh.

Sebenarnya kesalahan besar yang anda miliki adalah jika anda berbuat salah anda tidak berusaha memperbaikinya. Anda hanya merasa bersalah saja tanpa anda melakukan tindakan yang lebih baik. Anda melakukan kesalahan besar jika setelah melakukan kesalahan anda hanya menyesali dan tidak memperbaiki diri. Jika anda terus-terusan tidak mau memperbaiki diri maka itu semua akan menjadi kebiasaan yang tidak baik. Ketika anda hanya menyesali kesalahan anda terus, maka energi anda akan habis. Anda akan kehilangan gairah untuk melakukan kegiatan berikutnya.

No comments:

Post a Comment