Thursday, October 21, 2010

Master Dalam Bidang Apapun




Jika anda ingin menjadi master dalam bidang apapun maka ada 3 hal yang harus anda penuhi
1. Belajar dari yang terbaik
2. Larut sepenuhnya
3. Pengulangan dengan ada jeda

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
Jika anda ingin belajar matematika tidak mungkin anda belajar dari penjual buku matematika atau belajar kepada pengajar yang sudah berpengalaman mengajar matematika? Tentu saja anda harus belajar dari pengajar yang sudah berpengalaman mengajar matematika. Apalagi jika anda ingin belajar olimpiade matematika, maka anda tidak bisa belajar kepada penjual buku matematika. Bahkan hanya belajar kepada guru matematika saja tidak cukup. Anda harus belajar kepada orang yang sudah berpengalaman di olimpiade matematika, jika perlu kepada mantan juaranya. Itulah syaratnya menjadi master di bidang matematika.

Jika anda ingin menjadi juara golf, kepada siapa sebaiknya anda belajar? Kepada Tiger Wood atau kepada Kaddy Golf? Sudah tentu kepada Tiger Wood. Jika anda belajar kepada Tiger wood anda akan menjadi master di bidang golf. Jika anda belajar kepada Kaddy Golf anda akan menjadi rotten wood atau kayu yang busuk.

Jika anda belajar dari yang terbaik maka kuncinya adalah ATM maksudnya Amati, Tiru dan Modifikasi. Ketika anda belajar, maka belajarnya harus detil. Anda harus benar-benar mengamati, tindakan mana yang membawa hasil dan mana yang tidak membawa hasil.

No comments:

Post a Comment