Sunday, October 17, 2010

Menjadi pemenang





Jika anda ingin menjadi pemenang dalam hidup anda maka cara yang termudah adalah sebagai berikut :
1. Mempunyai goal yang jelas
2. Alasan yang sangat kuat
3. Belajar cara-cara yang sudah terbukti

Misalnya jika anak anda malas belajar, anda harus perhatian pada 3 hal tersebut. Mungkin anak anada tidak punya goal yang jelas. Dia tidak tahu apa tujuannya belajar. Apakah jika anak memiliki goal yang jelas anak tersebut pasti mau belajar ? Jawabannya belaum tentu. Jika si anak tidak punya alasan yang sangat kuat maka goal yang jelas juga tidak ada gunanya. Anak tersebut tidak termotivasi untuk belajar.

Jika goal sudah jelas dan memiliki alasan yang sangat kuat apak anak tersedbut berhasil? Jawabannya adalah belum tentu. Sekitar 97% orang akan gagal walaupun memiliki goal yang jelas dan alasan yang sangat kuat. Orang tersebut harus memiliki cara-cara yang sudah terbukti. Dengan melakukan cara-cara yang sudah terbukti maka maka orang akan dengan mudah berhasil jika dia memiliki goal yang jelas dan alasan yang sangat kuat.

Misalkan seorang anak punya goal yang jelas, yaitu ingin menjadi seorang insinyur. Dia punaya alasan yang sangat kuat untuk itu. Karena itu si anak begitu rajin belajar matematika dan fisika. Dengan menguasai matematika dan fisika, dia akan mudah masuk ke jurusan teknik yang dia inginkan. Suatu hari ibunya berkata, “Nak, tidak usah belajar, mari kita jalan-jalan ke mall.” Tentu saja dengan permintan ibunya ini si anak berkata,”Jangan Bu, nanti kalau jalan-jalan ke mall saya tidak bisa matematika dan fisika, dan akhirnya saya tidak bisa masuk ke jurusan teknik.”

Ini tentunya sangat berbeda dengan anak-anak yang tidak punya goal yang jelas dan alasan yang sangat kuat. Makanya orang-orang yang seperti ini akan teombang-ambing oleh berbagai ajakan.

No comments:

Post a Comment