Sunday, October 10, 2010

Arah Hidup






Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dalam hidupnya. Cita-cita itu bisa sebuah, dua buah, tiga buah, sepuluh buah bahkan seratus buah. Ada orang yang cita-citanya sungguh-sungguh, dan ada juga yang main-main. Ada juga orang yang cita-citanya hanya sekedar formalitas. Dia bercita-cita kerena hanya ikutan teman-temannya yang memang punya cita-cita.

Hati-hati, jika anda tidak punya cita-cita yang sungguh-sungguh maka arah hidup anda tidaklah jelas. Ada orang yang punya cita-cita, tapi setiap hari hanya bermalas-malasan. Ini disebabkan karena mungkin cita-citanya kurang kuat, atau bahasa kasarnya cita-cita dia impoten, sehingga kurang merangsang dia untuk bekerja sungguh-sungguh dalam mencapainya.

Bisa juga seseorang lemah dalam menempuh cita-citanya karena memang cita-citanya terlalu tinggi. Dengan cita-cita terlalu tinggi ini dia hanya berangan-angan saja. Saya tidak melarang orang-orang memiliki cita-cita yang tinggi, malahan saya sangat menganjurkan. Akan tetapi anda harus selalu berusaha agar anda bisa bersungguh-sungguh dalam menempuh cita-cita anda. Alangkah lebih baik jika anda menemukan komunitas yang memiliki cita-cita yang sama. Jika anda memiliki cita-cita ingin jadi pengusaha, maka anda harus memiliki komunitas dengan para pengusaha. Jika anda ingin memiliki cita-cita kuliah di perguruan tinggi favorit maka anda harus berada di komunitas orang-orang yang memiliki cita-cita masuk perguruan tinggi favorit. Misalnya dengan mengikuti bimbingan belajar. Dengan begitu cita-cita anda tidak sekedar angan-angn saja.

Dengan cita-cita yang ditempuh secara bersungguh-sungguh maka arah hidup anda akan lebih jelas, sehingga hidup anda akan lebih bergairah. Dengan hidup anda bergairah maka anda bisa memberikan inspirasi pada orang banyak.

No comments:

Post a Comment