Wednesday, October 13, 2010

Relativitas





Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita melihat adanya perbedaan-perbedaan. Ada orang yang tampan, ada yang jelek, ada yang pintar, ada yang bodoh, ada yang kaya, ada yang miskin, dan lain-lain. Akan tetapi semua itu baru ada setelah dibandingkan dengan yang lain. Sesuatu dikatakan besar jika ada sesuatu yang lain yang lebih kecil. Seseuatu dikatakan kecil jika ada sesuatu yang lain yang lebih besar.

Orang akan merasa kaya setelah melihat orang lain yang lebih miskin, begitu juga orang merasa miskin ketika melihat orang lain yang lebih kaya. Suatu saat mungkin anda akan merasa bodoh ketika teman-teman anda pintar, dan anda akan merasa pintar jika ada orang lain yang lebih bodoh.

Jadi bisa dikatakan tidak ada besar, tidak ada kecil, tidak ada pintar, tidak ada bodoh, tidak ada pendek, tidak ada panjang, tidak ada tinggi, tidak ada rendah, tidak ada kaya, tidak ada miskin, tidak ada tua, tidak ada muda, kecuali sudah dibandingkan dengan yang lain. Ini yang bisa kita sebut relativitas. Segala-sesuatu sangat relatif, entah itu besar atau kecil.

Jadi sebaiknya kita membandingkan dengan yang mana? Yang kaya atau yang miskin? Yang muda atau yang tua? Yang pandai atau yang bodoh? Semua jawaban adalah tergantung. Ada kalanya kita harus membandingkan dengan yang miskin, yang bodoh, yang punya lebih banyak kekurangan dibandingkan dengan kita. Agar kita lebih bersyukur terhadap segala yang kita miliki. Ada kalanya kita harus membandingkan dengan yang lebih kaya, lebih kuat, lebih pandai dan yang punya banyak kelebihan dibandingkan dengan kita agar kita mau berusaha mencapai yang lebih baik dengan sungguh-sungguh.

No comments:

Post a Comment