Saturday, October 16, 2010

Kebahagiaan





Ketika saya mengikuti seminar Unleash The Power Within, tepatnya bulan September 2009 ada seorang wanita Jepang yang mengadukan masalahnya bahwa dia tidak memiliki anak. Dia mengatakan takut ditinggalkan suaminya karena tidak bisa memberikan anak. Dia berfikir bahwa jika memiliki anak dia pasti bahagia.

Anthonny Robbin (pembicara di seminar itu berkata) o ya? Jika kamu memiliki anak kamu akan bahagia? Terus terang saya tidak mengerti apa yang dikatakan oleh Anthonny Robbin. Bagaimana tidak aneh, jika seseorang tidak punya anak pastilah dia menderita. Terus apakah kedatangan anaknya tidak membuatnya bahagia?

Terus terang setelah sekian lama saya baru bisa mengerti, bahwa bahagia yang sebenarnya tidaklah bersyarat. Jika seseorang mengatakan dia akan bahagia dengan syarat tertentu yang tidak mudah dicapai maka orang itu akan menderita. Bahagia yang sebenarnya tidaklah bersyarat. Atau jika ada syaratnya maka syarat itu sangatlah mudah. Jika seseorang menggantungkan kebahagiaannya pada sesuatu yang di luar kontrol dia maka dia pasti akan menderita.

Seperti perempuan tadi mengatakan,”Saya akan bahagia jika punya anak.” Jika dia memberikan persyaratan seperti ini maka dijamin dia tidak akan bahagia walaupun dia sudah punya anak. Karena jika dia telah memiliki anak, maka dia akan menggantungkan kebahagiaanya pada sesuatu yang lain yang mungkin juga sulit.

Ada orang yang mengatakan ,”Saya akan bahagia jika anak saya semuanya sudah menikah.” Pernyataan seperti ini tentu juga sangat memberatkan dia, karena anak adalah sesuatu di luar kontrol dia. Biar bagaimanapun anak tidak akan bisa dia kendalikan.

Untuk itu buatlah persyaratan kebahagiaan anda pada sesuatu yang mudah dicapai, cenderung dengan biaya murah, tidak tergantung pada orang lain, waktu mencapainya juga cepat. Contoh :
Saya akan bahagia jika masih bisa melihat matahari terbit
Saya bahagia ketika memberi makan ikan
Saya bahagia ketika mencium bunga
Saya bahagia ketika melakukan ibadah
Saya akan bahagia jika masih bisa menikmati minuman
Dan lain-lain.
Jadi, persyaratan bahagia yang menentukan adalah sendiri. Silakan buat persyaratan itu semudah mungkin sehingga anda bisa menikmati setiap saat.

No comments:

Post a Comment