Friday, December 28, 2012

Layu Sebelum Berkembang


Seorang anak kecil menangis minta dibelikan bunga. Dia pernah melihat bunga indah itu di sebuah taman kota. Setelah mengetahui jenis bunganya orang tuanya membelikan bunga itu.Si anak tadi kegirangan karena dibelikan bunga. Dia semakin tidak sabar menunggu orang tuanya pulang.

Akhirnya orang tuanya pulang membawa bunga yang diinginknan anak. Si anak tidak sabar untuk segera melihat bunga tadi. Ketika melihat bunganya, si anak malah jadi kecewa. "Papa, mama, kok bunganya hanya begitu, tidak ada yang mekar." Orang tuanya berkata,"Nak, bunga itu akan mekar pada waktunya. sekarang belum musimnya. Yang harus kamu lakukan adalah merawatnya dan rajin menyiramnya.

Anak tadi menuruti nasehat orang tuanya. Dia menyiram tanaman tadi setiap hari dengan penuh semangat. Tanaman menjadi semakin subur dan tumbuh. Setelah satu bulan si anak mulai kecewa. Dia berkata kepada orang tuanya ,"Papa, mama, tanamannya tumbuh subur dan semakin besar, tapi kok belum berbunga juga.?"
Oarang tuanya menjawab, "Sabar nak, semua ada prosesnya. Nanti jika sudah waktunya tanaman ini akan berbunga.yang penting kamu harus selalu rajin menyiramnya"

Anak ini kembali rajin menyiramnya. Setelah satu bulan bunga ini mulai mengeluarkan kuncup. Anak ini kembali kecewa. "Papa, mama, kok bunganya berupa kuncup aja." Orang tuyanya menjawab ,'Nak kuncup ini adalah calon bunga. Nanti pada saatnya kuncup ini akan mekar menjadi bunga yang indah"

Si anak kembali merawatnya. Setelah 2 minggu, kuncup mulai mekar. Anak tadi semakin tidak sabar. Dalam pikirannya "Wah sebentar lagi akan menjadi bunga yang indah" Akhirnya dipetiknya bunga tadi. Setelah dipetik bukannya semakin mkar, malah menjadi semakin layu. Menyesallah anak tadi memetik bunga itu.

Pelajaran yang bisa diambil :
Manusia seringkali ingin mendapatkan hal-hal yang sifatnya instan. Padahal kesuksesan, kekayaan atau prestasi apapun harus diperoleh melalui proses. Jadi, jalankan proses itu dengan baik, maka anda akan mendapatkan manisnya perjuangan.Setelah membuakan hasil maka anda akan semakin menikmati manisnya buah yang didapat dari perjuangan tadi.

No comments:

Post a Comment