Monday, March 29, 2010

Jangan Salahkan Keadaan

Seringkali kita menjumpai seseorang yang selalu menyalahkan sesuatu di luar dirinya sendiri. Meeka menyalahkan keadaan ekonomi, menyalahkan temannya, menyalahkan gurunya ataupun menyalahkan orang tuanya. Mungkin memang keadaan bisa jadi salah, tetapi anda mau maju atau tidak? Mau berkembang atau tidak? Jika anda ingin maju, jangan fokus pada keadaan yang salah, fokuslah pada keadaan bagaimana supaya kondisi menjadi lebih baik.

Misalkan anda digigit seekor ular berbisa, anda fokus untuk menyalahkan ularnya, anda berusaha mengajar ularnya, memukulnya hingga ularnya mati, tetapi akibatnya anda ikut mati. Kenapa? Karena dengan mengejar-ngejar ular maka peredaran darah di tubuh anda menjadi kencang, sehingga bisa lebih cepat menjalar ke seluruh tubuh anda. Jika anda fokus pada solusi maka anda mengikat bagian tertentu, sehingga darah yang terkena bisa sulit menyebar, atau menyedot sebagian darah bekas gigitan supaya bisanya keluar, setelah itu segera cari pertolongan, biarkan ularnya tetap hidup. Dengan begitu kemungkinana anda selamat akan jauh lebih besar.

Seorang pemenang meilhat solusi di setiap masalah, sebaliknya seorang pecundang melihat masalah di setiap solusi. Apa yang anda lihat tergantung pada fokus anda. Jika anda fokus pada masalah maka yang terlihat adalah masalah, jika anda fokus pada solusi maka yang terlihat adalah solusi. Jika anda fokus pada solusi anda akan jauh lebih mudah menangkap peluang. Inilah yang sering disebut keberuntungan.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa keberuntngan adalah jika kesiapan bertemu dengan kesempatan. Jika anda sudah siap maka anda akan jauh lebih mudah menangkap peluang. Jika anda belum siap bagaimana mungkin anda menagkap peluang? Bahkan anda tidak akan melihat bahwa peluang itu datang.

Jika anda memerikasa retlesting celana anda, maka sudah pasti terdapat tulisan Ykk. Jika tidak ada maka saya jamin retleting anda selalu melorot. Ykk sebenarnya adalah nama orang. Orang ini sangat kaya raya, padahal tidak memiliki perusahaan. Kenapa? Ketika dulu retleting selalu melorot, Ykk berusah mencari solusinya, bagaimana biar tidak melorot. Karena fokusnya pada solusi akhirnya dia memikirkan bagaimana cara mengunci retsleting tadi. Akhirnya dia menemukan cara, yaitu dibuat kunci, dan kuncinya akan bekerja jika ditekuk ke bawah.

Setelah menemukan ini dia langsung mempatenkan, kemudian perusahaan yang menggunakan ilmu dia harus memberikan royalti kepadanya. Walaupun keuntungan tiap retsleting kecil, akan tetapi hampir semua manusia di dunia memakai celana, dan hampir setiap pemakai celana memiliki celana lebih dari satu. Dengan begitu Ykk memiliki faktor kali yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment