Wednesday, August 1, 2012

Kata2 Motivasi Diri



Seringkali, ketika kita mengikuti acar motivasi, kita menjadi begitu bersemangat. Setelah acara selesai kita masih memiliki semangat 100%, tetapi ketika sampai di rumah semangat kita tinggal 80%. Besokny tinggal 50%, minggu depannya 10% dan setelah satu bulan keadaan menjadi seperti biasa, sama seperti keadaan sebelum dimotivasi.

Hampir setiap orang yang dimotivasi mengalami hal yang hampir sama seperti di atas. Untuk itu maka penting sekali kita sering mengikuti acara motivasi, supaya kita tetap selalu semangat. Akan tetapi, seringkali seminar-seminar motivasi begitu mahal harganya. Atau jika harganya terjangkau, waktunya tidak cocok dengan jadwal kita. Sehingga bisa dikatakan kita agak kesulitan untuk selalu mengikuti acara motivasi.

Dengan kondisi ini diharapkan kita bisa membangkitkan semangat diri tanpa harus dimotivasi oleh orang lain. Inilah yang kita sebut dengan motivasi diri. Kita harus seringkali memotivasi diri kita sendiri. untuk itu diperlukan kata2 motivasi diri. Dengan adanya kata-kata motivasi ini, kita akan selalu bisa semangat di setiap keadaan, karena jika kita melemah, dengan kata2 kita sendiri, kita menjadi semangat.

Salah satu motivator kelas dunia Anthony Robbins, dia pernah mengalami suatu masa yang menyedihkan, sehingga dia harus memotivasi diri. Ketika itu, dia kerjanya masih sebagai tukang bersih-bersih toilet. Karena keinginannya yang kuat untuk sukses, dia mencoba mengikuti seminar yang diadakan oleh Jim Rhon. Karena seminar Jim Rhon yang mahal, dia hanya memiliki uang yang pas-pasan untuk pulang. Saat itu sudah malam hari ketika seminar Jim Rhon selesai. Ketika itu Anthony Robins sangat lapar. terpaksa, dia hanya punya dua plihan. Jika dia makan, maka dia tidak punya ongkos untuk pulang, harus jalan kaki 7 km. Jika dia pulang naik bis, maka dia tentunya pulang dalam keadaan lapar. Jika dia makan dahulu maka pulangnya jalan kaki. Pertempuran di otaknya terus berjalan.

Sampai akhirnya dia memutuskan untuk makan. Saat itulah dia ingin membeli burger. Ketika dia mau masuk ke rumah makan, dia lihat pengemis dan anaknya yang sedang brdebat. Saat itu si ibu hanya bisa memberikan coklat yang kecil, sementara si anak menangis meminta burger. Saat itulah Anthony Robins membeli 2 burger. Karena merasa iba, dia memberikan burger tadi kepada pengemis dan anaknya. Katika sudah di luar dia baru sadar, dia dalam keadaan lapar, dan pulang harus jalan kaki. Dua hal yang seharusnya dihindari malah terjadi bersamaan.

Akhirnya Anthony Robbins pulang, dengan jalan kaki dan perut lapar. Benar-benar tidak ada pilihan lain. Dalam keadan pulang seperti ini dia berusah mencerna apa yan diajarkan oleh Jim Rhon. Dia menyimpulkan bahwa apa yang dia perlukan sudah ada di dalam dirinya sekarang. Dia mengucapkannya berulang-ulang, "All i need is within me now, All i need is within me now, All i need is within me now, All i need is within me now, All i need is within me now" begitu seterusnya, di pulang sambil setengah berlari, mngucapkan kalimat tadi dengan berulang-ulang sampai di rumah.

Tahu apa yang terjadi? Dengan mengucapkan berulang-ulang tadi akhirnya Anthony Robbins berhasil memasukkan arti kata-kata tadi ke dalam dirinya. Ajaib memang, kelihatannya sederhana tapi sangat berefek. Jadi, buatlah kalimat sendiri yang bisa menjadi kata2 motivasi diri anda. Ucapkan kata-kata itu berulang-ulang sampai ratusan kali setiap hari, maka anda akan semakin menjiwainya dan membuat anda menjadi jauh lebih semangat.

Misalnya ucapkanlah, "Saya selalu sehat, kaya-raya dan dibimbing Tuhan, Saya selalu sehat, kaya-raya dan dibimbing Tuhan, Saya selalu sehat, kaya-raya dan dibimbing Tuhan, Saya selalu sehat, kaya-raya dan dibimbing Tuhan, Saya selalu sehat, kaya-raya dan dibimbing Tuhan" dan seterusnya. Rasakan perubahan diri anda dalam 1 bulan. Mulai saat ini, buatlah kalimat yang bisa memotivasi diri anda sendiri.


No comments:

Post a Comment